Tuesday, June 8, 2010

Penggerek batang padi

Ada beberapa jenis hama penggerek batang tanaman padi. antara lain:
  • Penggerek batang padi putih: Scirpophaga innotata Wlk. sundep adalah hama yang merusak tanaman padi sebelum berbunga. Beluk adlah hama yang merusak tanaman padi ketika akan berbunga, sehingga seluruh malai menjadi kering.
  • Penggerek pada batang padi kuning:
  • Penggerek batang padi bergaris
  • Penggerek batang padi merah jambu
  • Penggerek batang padi kepala hitam
Serangan hama penggerek batang padi paling banyak pada akhir musim hujan. Jumlah hama ini bertambah besar bila terjadi beberapa kali penenan setiap tahunya, karena hama penggerek batang padi selalu mendapat makanan yang tetap dari tanaman padi.

Daur Hidup.

Daur hidup semua penggerek batang padi hampir sama. Ngengat betina dewasa bertelur lebih kurang 200 butir yang diletakkan pada daun atau pelepah daun tanaman dan telurnya ditutup dengan bulu-bulu seperti beludru berwarna coklat muda. Beberapa telur akan berbentuk sisik. Telur akan menetas sesudah 5-10 hari, kemudian larva makan daun.

Beberapa hari kemudian, mereka menggerek batang dan masuk kedalam batang dan makan bagian dalam batang padi. Penggerek batnag padi kepala hitam terutama makan buku batang padi sehingga batang padi yang diserang akan patah. Tingkatan larva lamanya sekitar 28-35 hari. Larva menjadi pupa pada pangkal batang padi, walaupun mungkin juga terjadi dalam tanah.
Sekitar 10 hari pupa menetas jadi ngengat.
 
Toko Pertanian Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template