Tuesday, June 15, 2010

Kerugian yang ditimbulkan penggerek batang padi

Karena bagian dalam batang dimakan hama penggerek, maka aliran air yang membawa unsur hara terganggu, sehingga batang menjadi lemah dan mudah patah. Gangguan akan menjadi besar bila pemindahan semai padi ke lapangan terlambat.

Penggerek batang padi putih dan bergaris masuk ke dalam pelepah daun dan berjalan menuju ke titik tumbuh, sehingga merusak tanaman tersebut. Hama ini disebut sundep. Sesudah tanaman menjadi rusak, ulat mencari tanaman padi yang baru sebagai sumber makanan sehingga kerusakan menjadi lebih besar. Jika tanaman padi yang diserang masih muda, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan karena kerusakan teras.

Bila tanaman padi yang diserang sesudah bulirnya terbentuk, maka aliran air yang membawa undur hara pada malai terganggu. akibatnya, tanamn padi menghasilkan malai-malai yang hampa dan berwarna keputih-putihan sehingga disebut hama beluk.

Ulat penggerek batang yang telah masuk kedalam batang padi akan sulit untuk dikendalikan, karena kabut semprotan tidak dapat masuk ke dalam batang sehingga ulat tidak mati. Oleh karena itu, perkembangan hama ini harus dicegah secepat mungkin, jangan sampai terlambat.

Ambang batas ekonomi serangan hama penggerek batang padi adalah bila ada 2 ngengat dewas atau satu kelompok telur/m2 atau 10% sundep atau 2% beluk.
 
Toko Pertanian Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template