Friday, May 7, 2010

Lingkungan hidup, Kesehatan tanaman dan tanah

Untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit, sebaiknya kita mengenal lingkungan hidup disekitar tanaman, daur hidup hama dan penyakit, daur hidup musuh alami, keadaan cuaca yang mendukung perkembangan hama dan penyakit, musim-musim perkembangan hama dan penyakit, musuh alaminya dan pergantian tanaman inang baik yang dipelihara maupun liar.

Kesuburan tanah dan kesuburan tanaman: Bila tanahnya cukup subur dan cukup mengandung unsur hara, maka dengan sendirinya tanaman juga menjadi subur dan sehat. Tetapi bila terlalu banyak atau kekurangan unsur hara, maka tanaman akan mudah terserang oleh hama maupun penyakit. Ada hubungan yang dekat antara fisiologi tanaman dan struktur tanah, unsur hara, serta perawatan tanaman.

Serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit akan bertambah dengan bertambahnya zat-zat yang larut dalam air serta dalam sel-sel tanaman. Sebab, umumnya hama dan penyakit makan zat-zat yang larut dalam air seperti zat-zat gula, glycoside-glycoside, asam-asam amino dan lain-lainya.

Penambahan pupuk mineral seringkali menambah gangguan hama dan penyakit. Bila tanaman dipupuk dengan pupuk dosis tinggi, maka gangguan hamanya akan lebih kuat dan dapat mendukung populasinya, misalnya populasi aphis. Tanaman yang diberi pupuk nitrogen yang banyak, maka tungau akan bertelur 10 butir setiap hari. Sedangkan yang diberi nitrogen lebih rendah, tungau rata-rata hanya akan bertelur 4-5 butir setiap hari. Van Huis, di Nicaragua, mengamatinya dengan menambah pupuk mineral. akibat yang tampak adalah bertambahnya serangan ulat grayak Spodoptera frugiperda dan pengebor batang Diatrea lineolate.

Ketahanan alamiah dari tanaman terhadap gangguan hama dan penyakit dapat dipertinggi dengan mengurangi konsentrasi zat-zat yang larut dalam air dan menambah konsentrasi zat-zat tepung dan protein.

Pupuk organik dan kompos memberi unsur hara mikro yang diperlukan untuk keseimbangan antara zat-zat yang larut dalam air dan zat-zat yang tidak larut dalam air. Pupuk organik selain menambah hasil panenan juga mengurangi kerugian karena serangan uret putih, karena bila banyak bahan organik uret akan makan bahan organik tersebut dan tidak makan akar tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih subur.

Tanaman yang kekurangan unsur hara akan mudah terserang oleh hama ataupun penyakit. Pemupukan yang berimbang dan keadaan tanah organik yang baik, maka akan membantu ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit.
 
Toko Pertanian Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template